Breaking News

Fashion : Batik & Koko 2020

 Antara Batik dan Koko

 

Di era fashion yang semakin marak belakangan ini, telah banyak sekali media berita menyajikan beragam informasi menarik seputar  di negara kita, Indonesia. Perkembangan Dunia fashion yang berkiprah di Indonesia itu sendiri dapat dikatakan mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung oleh berbagai sisi, baik dari sisi designer lokal yang kini semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang ikut serta mengalami perkembangan pesat.

"Semenjak diakuinya Batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, dunia fashion indonesia tertuju pada Batik, karena batik merupakan fashion yang khas dari indonesia yang sudah menorehkan namanya di Dunia fashion Internasional."

Pihak yang memegang peran penting dalam mempengaruhi Perkembangan Dunia fashion adalah APPMI ( Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ), Para pelaku APPMI selain perancang dan pengusaha adapula pihak - pihak yang bergerak dalam fashion retail dan eskpor. Mereka tentunya juga memiliki program tahunan, yakni Fashion Tendance yang diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Melalui Fashion Tendance biasanya akan menampilkan sebuah fashion show dimana menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang dengan tujuan untuk memberikan sebuah arahan komprehensif mengenai beberapa konsep rancangan terkini untuk versi APPMI kepada masyarakat yang luas.

Majunya teknologi dan arus informasi membuat masyarakat indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa trend mode di Indonesia saat ini dalam perkembangan dunia fashion banyak dipengaruhi oleh budaya barat. 
 
Namun untuk hal semacam ini tidak menjadi bahwa para desainer BATIK di Indonesia berkecil hati khususnya untuk produk asli dalam negeri yang juga merupakan warisan budaya karena mereka didukung oleh pers, stylist, retailer, merchandiser, dan fotographer, dimana semuanya bersinergi untuk menyampaikan informasi sesuai bidangnya masing -masing. Meskipun di dominasi oleh style kebarat-baratan, namun ada kalanya kerjasama mereka kembali memunculkan gaya khas Indonesia kembali ke permukaan. 
 
Batik pun bisa mengikuti alur perkembangan dunia fashion baik dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, hendaknya kita melestarikan dan berinovasi terus untuk menjaga produk asli negeri kita, seperti yang kita lihat diatas perbandingan antara fashion batik dengan koko modern yang sedang trend di era ini tidak dapat di pungkiri batik pun bisa mengikuti fashion trendy dengan berinovasi terus. Ayo sobat.... jangan malu menggunakan Batik dan berkreasi lah dengan produk asli buatan tangan anak negeri....
 
Nah, semoga artikel kami dapat menjadi referensi yang anda butuhkan di dunia fashion khususnya Batik.

Tidak ada komentar