Breaking News

6 Batik Mendunia

 

batik3

Info Batik, Industri batik di tanah air mengalami pasang surut. Khususnya di Pulau Jawa, sempat mengalami perkembangan pesat di era 70-an. Namun mengalami kemunduran yang disebabkan oleh krisis moneter di tahun 1997. Belum lagi ditambah tragedi bom Bali 1 dan 2 yang memperkeruh keadaan. Dan dilengkapi oleh bencana alam yang terjadi di Yogyakarta beberapa tahun silam.

Beberapa tahun belakangan ini, industri batik mulai menggeliat lagi. Salah satu industri batik yang tidak terlalu terpuruk dan lumayan berkembang adalah batik Pekalongan. Saat ini, industri batik Pekalongan memiliki 2608 unit usaha yang tersebar di kota Pekalongan. Pada umumnya hasil produksi dari industri Pekalongan adalah batik cap dan batik printing. Karena proses produksinya lebih cepat dan harga tidak terlalu mahal. Sedangkan untuk batik tulis hanya diproduksi berdasarkan pesanan karena fakto pembuatan yang lama dan harga relatif mahal.

2 Oktober 2009 merupakan awal sejarah baru untuk batik di tanah air. Di tanggal tersebut, UNESCO menetapkan bahwa batik merupakan warisan budaya dari Indonesia. Euforia pun melanda seluruh masyarakat. Kini, setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional. Barangkali, inilah yang membuat gairah industri batik kembali menggeliat.

Berikut 6 Batik yang berhasil ke kancah internasional :

1. Batik Tasik Malaya


 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Batik Tujuh rupa Pekalongan 











3. Batik Betawi

 











4. Batik Jepara











5. Batik Bali











6. Batik Parang Rusak











Mungkin masih bayak jenis batik yang sudah menorehkan nama di kancah internasional.


Tidak ada komentar